MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH
MPLS 2024
UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN 1 SANANWETAN KOTA BLITAR
Bentuk-bentuk Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
Kegiatan MPLS dilaksanakan selama 2 minggu pada tanggal 15-27 Juli 2024 dengan jadwal kegiatan sebagai berikut.
Minggu Pertama (15-20 Juli 2024) |
Minggu kedua (22-27 Juli 2024) |
|||||
No. |
Hari, Tanggal |
Kegiatan |
No. |
Hari, Tanggal |
Kegiatan |
|
1. |
Senin, 15 Juli 2024 |
Pembukaan MPLS dan pengenalan dewan guru dan warga sekolah |
7. |
Senin, 22 Juli 2024 |
Pembiasaan 5 S, pengenalan etika berkomunikasi, dan penerapan asesmen awal fondasi keterampilan sosial dan bahasa |
|
2. |
Selasa, 16 Juli 2024 |
Pengenalan diri, lingkungan sekolah dan sarana prasarana |
8. |
Selasa, 23 Juli 2024 |
Pengenalan empati dan penerapan asesmen awal fondasi kematangan emosi |
|
3. |
Rabu, 17 Juli 2024 |
Pengenalan tata tertib, peraturan sekolah, dan pembuatan kesepakatan kelas |
9. |
Rabu, 24 Juli 2024 |
Pengenalan cara belajar efektif, menulis dan membaca permulaan, dan penerapan asesmen awal fondasi pemaknaan terhadap belajar positif |
|
4. |
Kamis, 18 Juli 2024 |
Pengenalan ekstrakurikuler, unjuk bakat, dan asessmen non kognitif |
10. |
Kamis, 25 Juli 2024 |
Pembelajaran literasi dan numerasi serta penerapan asesmen awal fondasi kematangan kognitif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran |
|
5. |
Jumat, 19 Juli 2024 |
Pengenalan kegiatan keagamaan di Sekolah dan penerapan asesmen awal fondasi nilai agama dan budi pekerti |
11. |
Jumat, 26 Juli 2024 |
Merangkai Garis, Bentuk, dan Warna menjadi Bermakna |
|
6. |
Sabtu, 20 Juli 2024 |
Pengenalan Program Sehari Berbahasa Jawa, Gerakan Sekolah Sehat, dan penerapan asesmen awal fondasi keterampilan motorik dan perawatan diri |
12. |
Sabtu, 27 Juli 2024 |
Penutupan MPLS (Parenting, Pembagian jadwal pelajaran, pembentukan pengurus kelas, pemberian reward). |
|
Secara garis besar, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dijabarkan pada tabel berikut ini:
No. |
Hari |
Waktu |
Kegiatan |
Pemateri/Fasilitator |
Keterangan |
Minggu Pertama (Senin – Sabtu, 15-20 Juli 2024) |
|||||
1. |
Senin, 15 Juli 2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pengenalan Dewan Guru dan Warga Sekolah.
|
|
https://youtu.be/MvF5ryoqnFo?si=AeyPSwMqSxVGvwhp
|
2. |
Selasa, 16-7-2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pengenalan diri, lingkungan sekolah, dan sarana prasarana.
|
|
|
3. |
Rabu, 17-7-2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pengenalan Tata Tertib, Peraturan Sekolah, dan pembentukan kesepakatan kelas.
|
|
1. Peserta didik baru duduk pada barisan dengan tertib dengan membawa papan bergambar jempol dan silang 2. Guru mempraktikkan contoh tata tertib di sekolah dengan cara yang sederhana dan seru, contohnya : satu guru memperagakan membuang sampah dimana-mana, kemudian satu guru memperagakan membuang sampah pada tempat sampah. 3. Peserta didik mengangkat papan sesuai dengan yang dilihat, jika itu boleh dilakukan peserta didik mengangkat papan jempol, jika tidak boleh maka mengangkat papan bergambar silang.
|
4. |
Kamis, 18-7-2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pengenalan Ekstrakurikuler di Sekolah.
|
|
|
5. |
Jumat, 19-7-2024 |
07.00-09.30 WIB |
Pengenalan Kegiatan Keagamaan di Sekolah.
|
|
|
6. |
Sabtu, 20-7-2024 |
07.00-09.30 WIB |
Pengenalan Program Sehari Berbahasa Jawa dan Gerakan Sekolah Sehat
|
|
https://youtu.be/gl56oxJOWVo?si=gXBo7KU4c6-uPDnD
https://youtu.be/xLYrGnVEtHE?si=C9kSOtUg_p76tNIq
|
Minggu Kedua (Senin – Sabtu, 22-27 Juli 2024) |
|||||
7. |
Senin, 22-7-2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pembiasaan 5 S dan pengenalan etika berkomunikasi
|
|
https://youtu.be/wl5UiqZtEWU?si=8qvGtF4elsD9R-Lf
|
8. |
Selasa, 23-7-2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pengenalan empati dan kematangan emosi
|
|
https://youtube.com/shorts/I5AaycBhNww?si=YCkjn4nDq7qb1ZTe
https://repositori.kemdikbud.go.id/24211/1/19-Kenapa%20Rere%20Sedih.pdf
|
9. |
Rabu, 24-7-2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pengenalan cara belajar efektif
|
|
https://youtu.be/KHChats4AJw?si=b7GFna3pyRaQNh3S
https://drive.google.com/file/d/19SFGt8D2N6U-u-mHEJFoOX1UjtJJ36D7/view
|
10. |
Kamis, 25-7-2024 |
07.00-10.00 WIB |
Pembelajaran literasi dan numerasi
|
|
https://youtu.be/TNNZxHu4Is0?si=GHfIaM5jsCeiqX4e
https://repositori.kemdikbud.go.id/24211/1/19-Kenapa%20Rere%20Sedih.pdf
|
11. |
Jumat, 26-7-2024 |
07.00-09.30 WIB |
Merangkai Garis, Bentuk, dan Warna Menjadi Bermakna
|
|
1. Guru menyiapkan media bermain lompatan bentuk berupa “banner bentuk”, 2. Peserta didik mendengarkan instruksi dari guru, peserta didik membentuk dua barisan yaitu barisan laki-laki dan barisan perempuan. peserta didik bermain lompatan secara bergiliran, jika guru mengatakan salah satu bentuk misalnya “segitiga” maka peserta didik lompat pada gambar segitiga dan seterusnya, di akhir lompatan setiap peserta didik harus tos bersama guru
https://drive.google.com/file/d/1fJhKJvQ2fhoppoyNgnntmcj39kvkBSVc/view
|
12. |
Sabtu, 27-7-2024 |
07.00-09.30 WIB |
Penutupan MPLS
|
|
https://youtu.be/gl56oxJOWVo?si=gXBo7KU4c6-uPDnD
https://youtu.be/xLYrGnVEtHE?si=C9kSOtUg_p76tNIq
|
- Penerapan Asesmen awal
- Mata Pelajaran Pendidikan Agama (Pelaksanaan hari kelima Jumat, 19-7-2024)
Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati |
Contoh perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati |
Rancangan kegiatan |
Catatan/Hasil Asesmen Awal |
Rancangan Kegiatan Pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan |
Mengenal nilai agama dan budi pekerti |
|
|
|
|
- Mata pelajaran: PJOK (Pelaksanaan hari keenam Sabtu, 20-7-2024)
Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati |
Contoh perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati |
Rancangan kegiatan |
Catatan/Hasil Asesmen awal |
Rancangan kegiatan pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan |
Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri |
|
Ketika guru mengucapkan “Ibu/Bapak Berkata!” anak akan diajak untuk melakukan aktivitas tertentu seperti mengambil benda, bergerak, atau apapun. Contohnya, “Ibu/Bapak berkata, berdiri dengan satu kaki!” Guru juga dapat memberikan instruksi yang lebih menantang.
|
|
|
- Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila (Pelaksanaan hari ketujuh Senin, 22 Juli 2024)
Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati |
Contoh Perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati |
Rancangan Kegiatan |
Catatan/Hasil Asesmen Awal |
Rancangan Kegiatan Pembelajaran ke depan perlu mepertimbangkan |
Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya |
|
|
|
|
- Mata Pelajaran : Seni Budaya (Pelaksanaan hari kedelapan Selasa, 23-7-2024)
Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati |
Contoh perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati |
Rancangan kegiatan |
Catatan/Hasil Asesmen Awal |
Rancangan kegiatan pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan |
Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar |
|
Melakukan kegiatan mewarnai dan menggunting sesuai garis dengan gambar yang sudah disediakan |
|
|
- Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (Pelaksanaan hari kesembilan Rabu, 24-7-2024)
Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati |
Contoh perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati |
Rancangan kegiatan |
Catatan/Hasil Asesmen Awal |
Rancangan kegiatan pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan |
Pemaknaan terhadap belajar yang positif |
|
|
|
|
- Mata Pelajaran : Matematika (Pelaksanaan hari kesepuluh Kamis, 25-7-2024)
Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati |
Contoh perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati |
Rancangan kegiatan |
Catatan/hasil Asesmen awal |
Rancangan kegiatan pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan |
Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti kepemilikan dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja. |
|
|
|
|
Komentar