Disable Preloader

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

MPLS 2024

UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN 1 SANANWETAN KOTA BLITAR

Bentuk-bentuk Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Kegiatan MPLS dilaksanakan selama 2 minggu pada tanggal 15-27 Juli 2024 dengan jadwal kegiatan sebagai berikut.

Minggu Pertama (15-20 Juli 2024)

Minggu kedua (22-27 Juli 2024)

No.

Hari, Tanggal

Kegiatan

No.

Hari, Tanggal

Kegiatan

 

1.

Senin, 15 Juli 2024

Pembukaan MPLS dan pengenalan dewan guru dan warga sekolah

7.

Senin, 22 Juli 2024

Pembiasaan 5 S, pengenalan etika berkomunikasi, dan penerapan asesmen awal fondasi keterampilan sosial dan bahasa

 

2.

Selasa, 16 Juli 2024

Pengenalan diri, lingkungan sekolah dan sarana prasarana

8.

Selasa, 23 Juli 2024

Pengenalan empati dan penerapan asesmen awal fondasi kematangan emosi

 

3.

Rabu, 17 Juli 2024

Pengenalan tata tertib, peraturan sekolah, dan pembuatan kesepakatan kelas

9.

Rabu, 24 Juli 2024

Pengenalan cara belajar efektif, menulis dan membaca permulaan, dan penerapan asesmen awal fondasi pemaknaan terhadap belajar positif

 

4.

Kamis, 18 Juli 2024

Pengenalan ekstrakurikuler, unjuk bakat, dan asessmen non kognitif

10.

Kamis, 25 Juli 2024

Pembelajaran literasi dan numerasi serta penerapan asesmen awal fondasi kematangan kognitif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran

 

5.

Jumat, 19 Juli 2024

Pengenalan kegiatan keagamaan di Sekolah dan penerapan asesmen awal fondasi nilai agama dan budi pekerti

11.

Jumat, 26 Juli 2024

Merangkai Garis, Bentuk, dan Warna menjadi Bermakna

 

6.

Sabtu, 20 Juli 2024

Pengenalan Program Sehari Berbahasa Jawa, Gerakan Sekolah Sehat, dan penerapan asesmen awal fondasi keterampilan motorik dan perawatan diri

12.

Sabtu, 27 Juli 2024

Penutupan MPLS (Parenting, Pembagian jadwal pelajaran, pembentukan pengurus kelas, pemberian reward).

 

 

Secara garis besar, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dijabarkan pada tabel berikut ini:

No.

Hari

Waktu

Kegiatan

Pemateri/Fasilitator

Keterangan

Minggu Pertama (Senin – Sabtu, 15-20 Juli 2024)

1.

Senin,

15 Juli 2024

07.00-10.00 WIB

Pengenalan Dewan Guru dan Warga Sekolah.

  • Penyambutan peserta didik baru
  • Persiapan dan absensi peserta didik baru
  • Pembukaan kegiatan MPLS oleh Kepala Sekolah
  • Pemasangan atribut secara simbolis (bisa berupa pemasangan topi, ID card, atau dasi)
  • Sambutan dari perwakilan orang tua
  • Perkenalan guru kelas dan warga sekolah oleh Kepala Sekolah
  • Menyanyikan lagu “Hari Pertama  Sekolah” bersama-sama
  • Ice breaking “Tangan ke atas”
  • Kepala Sekolah
  • Dewan guru
  • Orang tua/wali peserta didik kelas 1
  • Guru Kelas 1

https://youtu.be/MvF5ryoqnFo?si=AeyPSwMqSxVGvwhp

  • Contoh ID Card bagi peserta didik

https://www.canva.com/design/DAGJPMqeAng/a-JPh_OJaYU2iO2gyD6ZUw/edit?utm_content=DAGJPMqeAng&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

2.

Selasa,

16-7-2024

07.00-10.00 WIB

Pengenalan diri, lingkungan sekolah, dan sarana prasarana.

  • Persiapan, absensi
  • Senam pagi
  • Pengenalan dengan kelas dan alat-alat belajar
  • Perkenalan diri dan latihan konsentrasi melalui lempar tangkap bola secara melingkar
  • Ice breaking tepuk semangat
  • Mengajak peserta didik untuk berkeliling ke seluruh area sekolah melalui permainan jelajah lingkungan
  • Guru PJOK
  • Guru Kelas
  • Dilaksanakan di lingkungan sekolah
  • Cara bermain jelajah lingkungan:
        1. Guru menyiapkan gambar-gambar bentuk geometri (segitiga, lingkaran, persegi) dengan warna yang beragam yang ditempelkan di tiap area sekolah (misalnya toilet, tempat cuci tangan, kantin, halaman sekolah, perpustakaan, dan lainnya)
        2. Guru kemudian menginstruksikan peserta didik untuk berkumpul di area dengan kode bentuk dan warna (misalnya, bentuk segitiga biru ditempelkan di tempat cuci tangan).
        3. Sambil peserta didik mencari area tersebut dan berkumpul, guru akan menjelaskan fungsi area tersebut dan cara menggunakannya. Contohnya, area tempat cuci tangan, guru menjelaskan cara, manfaat, dan mengajak peserta didik berbaris antri untuk mencuci tangan bergantian. Begitu pula dengan area fasilitas lainnya
  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

3.

Rabu,

17-7-2024

07.00-10.00 WIB

Pengenalan Tata Tertib, Peraturan Sekolah, dan pembentukan kesepakatan kelas.

  • Persiapan, absensi
  • Senam pagi
  • Pengenalan visi dan motto sekolah
  • Pengenalan aturan kelas dan tata  tertib sekolah
  • Game Tata Tertib
  • Pembentukan kesepakatan kelas dengan mengajak peserta didik untuk menyepakati kesepakatan yang dibangun, lalu ditulis dan digambar oleh guru pada kertas besar yang dapat diberi cap tangan oleh peserta didik yang menyetujuinya
  • Guru PJOK
  • Guru Kelas
  • Dilaksanakan di kelas masing- masing
  • Cara bermain Game Tata Tertib:

1.  Peserta didik baru duduk pada barisan dengan tertib dengan membawa papan bergambar jempol dan silang

2.  Guru mempraktikkan contoh tata tertib di sekolah dengan cara yang sederhana dan seru, contohnya : satu guru memperagakan membuang sampah dimana-mana, kemudian satu guru memperagakan membuang sampah pada tempat sampah.

3. Peserta didik mengangkat papan sesuai dengan yang dilihat, jika itu boleh dilakukan peserta didik mengangkat papan jempol, jika tidak boleh maka mengangkat papan bergambar silang.

  • Media papan bergambar jempol dan silang

https://www.canva.com/design/DAGHgvpEvsQ/kBL4zdh7sbwPn28p0JBHDQ/edit?utm_content=DAGHgvpEvsQ&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

 

4.

Kamis,

18-7-2024

07.00-10.00 WIB

Pengenalan Ekstrakurikuler di Sekolah.

  • Senam pagi
  • Pembiasaan penanaman karakter (berbaris, hormat bendera, mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Janji Murid, dan berdoa)
  • Absensi
  • Pengenalan ekstrakurikuler yang ada di sekolah (bisa secara langsung atau melalui pemutaran video)
  • Ice breaking lagu “Tangan Diputar-putar”
  • Unjuk bakat peserta didik baru
  • Asesmen diagnostik non kognitif berjudul DIRIKU
  • Guru PJOK
  • Koordinator ekstra
  • Guru Kelas

https://www.canva.com/design/DAGJPMh9e8g/yOrMBU4my5XepE6wH8u1Qg/edit?utm_content=DAGJPMh9e8g&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

5.

Jumat,

19-7-2024

07.00-09.30 WIB

Pengenalan Kegiatan Keagamaan di Sekolah.

  • Persiapan, absensi
  • Kegiatan keagamaan (istighosah/sholat dhuha/pembacaan yasin tahlil/dll)
  • Amal Jumat
  • Penerapan asesmen awal fondasi nilai agama dan budi pekerti melalui mata pelajaran Pendidikan Agama (berdoa sebelum belajar, materi huruf hijaiyah dan surat Al Fatihah bagi agama Islam)
  • Guru Kelas
  • Guru PAI
  • Dilaksanakan di halaman sekolah/mushola
  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

6.

Sabtu,

20-7-2024

07.00-09.30 WIB

Pengenalan Program Sehari Berbahasa Jawa dan Gerakan Sekolah Sehat

  • Senam pagi “Sekolah Sehat”
  • Flashmob “Blitar Kawentar”
  • Pembiasaan penanaman karakter (berbaris menggunakan aba-aba bahasa Jawa, hormat bendera, mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Janji Murid, dan berdoa)
  • Persiapan, absensi
  • Sarapan pagi dengan makan bekal makanan sehat
  • Pembiasaan Sabtu Bersih
  • Penanaman karakter PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan membuang sampah terpilah dan penerapan 7 langkah cuci tangan
  • Penerapan asesmen awal fondasi keterampilan motorik dan perawatan diri melalui mata pelajaran PJOK (cara mencuci tangan, koordinasi gerak tubuh seimbang, tahu mana barang miliknya dan membereskan tas sendiri)
  • Guru Kelas
  • Guru PJOK
  • Dilaksanakan di halaman sekolah, ruang kelas
  • Video tutorial Senam “Sekolah Sehat”

https://youtu.be/gl56oxJOWVo?si=gXBo7KU4c6-uPDnD

  • Falshmob “Blitar Kawentar”

https://youtu.be/xLYrGnVEtHE?si=C9kSOtUg_p76tNIq

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

Minggu Kedua (Senin – Sabtu, 22-27 Juli 2024)

7.

Senin,

22-7-2024

07.00-10.00 WIB

Pembiasaan 5 S dan pengenalan etika berkomunikasi

  • Upacara Bendera
  • Persiapan, absensi
  • Ice breaking tepuk “Kalau Kau Suka Hati”
  • Bermain peran pembiasaan 5S
  • Lagu 4 kata ajaib
  • Penerapan asesmen awal fondasi keterampilan sosial dan bahasa melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila (pembiasaan 5 S, mengucapkan tolong, maaf, dan terima kasih)
  • Guru Kelas
  • Dilaksanakan di halaman sekolah dan ruang kelas
  • Video lagu “4 kata ajaib”

https://youtu.be/wl5UiqZtEWU?si=8qvGtF4elsD9R-Lf

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

8.

Selasa,

23-7-2024

07.00-10.00 WIB

Pengenalan empati dan kematangan emosi

  • Senam pagi
  • Pembiasaan penanaman karakter (berbaris, hormat bendera, mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Janji Murid, dan berdoa)
  • Persiapan, absensi
  • Ice breaking tepuk “Love”
  • Menyimak cerita “Kenapa Rere Sedih”
  • Menggambar dan mewarnai ekspresi wajah melalui emoticon
  • Penerapan asesmen awal fondasi kematangan emosi melalui mata pelajaran Seni Budaya (menunggu dan mempertahankan perhatian melalui mewarnai dan menggunting garis)
  • Guru Kelas
  • Dilaksanakan di halaman sekolah dan ruang kelas
  • Tepuk Love

https://youtube.com/shorts/I5AaycBhNww?si=YCkjn4nDq7qb1ZTe

  • Cerita “Kenapa Rere Sedih”

https://repositori.kemdikbud.go.id/24211/1/19-Kenapa%20Rere%20Sedih.pdf

  • Lembar mewarnai dan menggunting garis

https://www.canva.com/design/DAGJPb58zW8/0ZUdve9Ecol6hzcRJ1rRTw/edit?utm_content=DAGJPb58zW8&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

9.

Rabu,

24-7-2024

07.00-10.00 WIB

Pengenalan cara belajar efektif

  • Senam pagi
  • Pembiasaan penanaman karakter (berbaris, hormat bendera, mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Janji Murid, dan berdoa)
  • Persiapan, absensi
  • Ice breaking tepuk “ABDG (Aku Belajar/Bermain dengan Gembira)”
  • Menulis huruf abjad melalui media tepung atau pasir yang ada dalam wadah plastik
  • Menebali huruf dan membaca suku kata
  • Penerapan asesmen awal fondasi pemaknaan terhadap belajar positif melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia (berbagi cerita pengalaman tentang sekolah yang baru)
  • Guru Kelas
  • Dilaksanakan di halaman sekolah dan ruang kelas
  • Tepuk ABDG

https://youtu.be/KHChats4AJw?si=b7GFna3pyRaQNh3S

  • Pengayaan untuk praktik pembelajaran Literasi Kelas Awal untuk Guru

https://drive.google.com/file/d/19SFGt8D2N6U-u-mHEJFoOX1UjtJJ36D7/view

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

10.

Kamis,

25-7-2024

07.00-10.00 WIB

Pembelajaran literasi dan numerasi

  • Senam pagi
  • Pembiasaan penanaman karakter (berbaris, hormat bendera, mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Janji Murid, dan berdoa)
  • Persiapan, absensi
  • Ice breaking lagu “1234”
  • Menyimak kembali cerita “Kenapa Rere Sedih” dan membilang jumlah benda yang ada di dalam cerita (jumlah balon, jumlah orang, dll.)
  • Penerapan asesmen awal fondasi kematangan kognitif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran (membilang jumlah benda, menulis angka, konsep waktu)
  • Guru Kelas
  • Dilaksanakan di halaman sekolah dan ruang kelas
  • Lagu “1234”

https://youtu.be/TNNZxHu4Is0?si=GHfIaM5jsCeiqX4e

  • Cerita “Kenapa Rere Sedih”

https://repositori.kemdikbud.go.id/24211/1/19-Kenapa%20Rere%20Sedih.pdf

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

11.

Jumat,

26-7-2024

07.00-09.30 WIB

Merangkai Garis, Bentuk, dan Warna Menjadi Bermakna

  • Persiapan, absensi
  • Kegiatan keagamaan (istighosah/sholat dhuha/pembacaan yasin tahlil/dll)
  • Amal Jumat
  • Permainan lompat bentuk menggunakan banner
  • Merekonstruksi garis, bentuk dan warna benda-benda yang berada di lingkungan sekitar sekolah/rumah.
  • Menyebutkan benda-benda lain yang terdiri dari garis, bentuk dan warna yang memiliki makna
  • Menggambar garis, bentuk dan warna benda-benda yang berada di sekitar sekolah/rumah atau berdasarkan imajinasi peserta didik.
  • Guru PAI
  • Guru Kelas
  • Dilaksanakan di halaman sekolah/mushola/ruang kelas
  • Banner lompat bentuk

https://www.canva.com/design/DAGG41zoESY/bHMuqZzqu0io7tUMAo7ttw/edit?utm_content=DAGG41zoESY&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

  • Cara bermain lompat bentuk menggunakan banner

1. Guru menyiapkan media bermain lompatan bentuk berupa “banner bentuk”,

2. Peserta didik mendengarkan instruksi dari guru, peserta didik membentuk dua barisan yaitu barisan laki-laki dan barisan perempuan. peserta didik bermain lompatan secara bergiliran, jika guru mengatakan salah satu bentuk misalnya “segitiga” maka peserta didik lompat pada gambar segitiga dan seterusnya, di akhir lompatan setiap peserta didik harus tos bersama guru

  • Modul Merangkai Garis, Bentuk, dan Warna

https://drive.google.com/file/d/1fJhKJvQ2fhoppoyNgnntmcj39kvkBSVc/view

  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya

12.

Sabtu,

27-7-2024

07.00-09.30 WIB

Penutupan MPLS

  • Senam pagi “Sekolah Sehat”
  • Flashmob “Blitar Kawentar”
  • Pembiasaan penanaman karakter (berbaris menggunakan aba-aba bahasa Jawa, hormat bendera, mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Janji Murid, dan berdoa)
  • Persiapan, absensi
  • Sarapan pagi dengan makal bekan makanan sehat
  • Pembagian jadwal pelajaran, pembentukan pengurus kelas, dan pemberian reward
  • Parenting (Narasumber dari luar, pembentukan paguyupan, penandatanganan surat pernyataan)
  • Guru Kelas
  • Guru PJOK
  • Narasumber
  • Dilaksanakan di halaman sekolah, ruang kelas
  • Video tutorial Senam “Sekolah Sehat”

https://youtu.be/gl56oxJOWVo?si=gXBo7KU4c6-uPDnD

  • Falshmob “Blitar Kawentar”

https://youtu.be/xLYrGnVEtHE?si=C9kSOtUg_p76tNIq

  • Kegiatan Parenting dilaksanakan di Aula SDN 1 Sananwetan
  • Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini dan menginformasikan kegiatan pada hari berikutnya
 
  1. Penerapan Asesmen awal
  • Mata Pelajaran Pendidikan Agama (Pelaksanaan hari kelima Jumat, 19-7-2024)

 

Aspek kemampuan

fase fondasi yang akan diamati

Contoh perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati

Rancangan kegiatan

Catatan/Hasil Asesmen Awal

Rancangan Kegiatan

Pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan

Mengenal nilai agama dan budi pekerti

  • Mengenal konsep Tuhan YME dan mengetahui kegiatan ibadah sesuai dengan agama atau kepercayaan-Nya.

 

 

  • Bersedia menjalin interaksi dengan teman sebayanya
  • Membaca doa sebelum belajar, menyebutkan huruf hijaiyah dan surat Al Fatihah  (bagi muslim)

 

  • Membentuk kelompok kecil (3-4 anak)

 

 

 
  • Mata pelajaran: PJOK (Pelaksanaan hari keenam Sabtu, 20-7-2024)

 

Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati

Contoh perilaku kemampuan fase fondasi yang perlu diamati

Rancangan kegiatan

Catatan/Hasil Asesmen awal

Rancangan kegiatan pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan

Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang

memadai untuk dapat

berpartisipasi di lingkungan

sekolah secara mandiri

  • Anak memiliki koordinasi gerak tubuh yang seimbang saat berkegiatan (berjalan/berlari/melompat/menendang/melempar/ merangkak)

 

 

 

 

 

  • Mampu mengelola barang-barang milik pribadi yang dibawa ke sekolah (tahu mana barang miliknya, bisa membereskan tas sendiri)
  • Mampu secara bertahap menjaga kebersihan diri sendiri
  • Permainan Ibu Berkata!.

Ketika guru mengucapkan “Ibu/Bapak Berkata!” anak akan diajak untuk melakukan aktivitas tertentu seperti mengambil benda, bergerak, atau apapun. Contohnya, “Ibu/Bapak berkata, berdiri dengan satu kaki!” Guru juga dapat memberikan instruksi yang lebih menantang.

  • Memperkenalkan barang milik pribadi kepada teman- teman.
  • Membereskan tas sendiri

 

 

  • Mempraktekkan cara mencuci tangan

 

 

 

  • Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila (Pelaksanaan hari ketujuh Senin, 22 Juli 2024)

 

Aspek kemampuan fase fondasi yang akan diamati

Contoh Perilaku          kemampuan fase fondasi yang perlu diamati

Rancangan Kegiatan

Catatan/Hasil Asesmen Awal

Rancangan               Kegiatan Pembelajaran     ke      depan

perlu mepertimbangkan

Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

  • Dapat menerapkan 5 S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun)
  • Dapat mengucapkan kata tolong saat akan meminta bantuan kepada teman
  • Dapat mengucapkan permintaan maaf dan terima kasih
  • Bermain peran ketika datang ke sekolah dan berbicara dengan teman serta guru
  • Menyimak cerita percakapan Dayu dan Ibu dalam menggunakan kata tolong, maaf dan terima kasih

 

 

 

 

 

 

 

  • Mata Pelajaran : Seni Budaya (Pelaksanaan hari kedelapan Selasa, 23-7-2024)

 

Aspek     kemampuan                    fase fondasi yang akan diamati

Contoh    perilaku            kemampuan fase fondasi yang perlu diamati

Rancangan kegiatan

Catatan/Hasil

Asesmen Awal

Rancangan          kegiatan

pembelajaran     ke                         depan perlu mempertimbangkan

Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar

  • Mampu menunggu
  • Dapat mempertahankan perhatian untuk mengikuti kegiatan di kelas dalam rentang waktu yang sesuai dengan usianya

Melakukan kegiatan mewarnai dan menggunting sesuai garis dengan gambar yang sudah disediakan

 

 

 

 

 

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (Pelaksanaan hari kesembilan Rabu, 24-7-2024)

 

Aspek     kemampuan                    fase fondasi yang akan diamati

Contoh              perilaku       kemampuan fase fondasi yang perlu diamati

Rancangan kegiatan

Catatan/Hasil

Asesmen Awal

Rancangan          kegiatan

pembelajaran     ke                         depan perlu mempertimbangkan

Pemaknaan terhadap belajar yang positif

  • Senang datang ke sekolah
  • Mau mencoba kembali atau memperbaiki pekerjaan jika melakukan kesalahan
  • Menunjukkan keingintahuan dengan mengajukan pertanyaan
  • Menebali huruf abjad dan membaca suku kata
  • Kegiatan berbagi cerita tentang pengalaman di sekolah yang baru

 

 

 

 

  • Mata Pelajaran : Matematika (Pelaksanaan hari kesepuluh Kamis, 25-7-2024)

 

Aspek kemampuan fase

fondasi             yang            akan diamati

Contoh          perilaku

kemampuan          fase          fondasi yang perlu diamati

Rancangan kegiatan

Catatan/hasil Asesmen awal

Rancangan kegiatan

pembelajaran ke depan perlu mempertimbangkan

Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti kepemilikan dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara

dunia bekerja.

  • Mampu menyimak dan menyampaikan gagasan sederhana
  • Menyadari keterhubungan antara simbol angka/huruf dengan kata dan bilangan
  • Mampu membilang jumlah benda atau objek dan menggunakan angka sebagai simbol jumlah objek atau benda
  • Memahami kosakata konsep waktu (sekarang, nanti, kemarin, hari ini, besok, lama, sebentar, pagi, siang, malam)
  • Menyimak cerita yang dibacakan guru
  • Membilang jumlah benda
  • Menulis angka

 

 

 

 

 

Share ke Sosial Media
Komentar
Tinggalkan Komentar